Perangkat Perangkat Jaringan

Perangkat yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan terdiri dari perangkat fisik dan perangkat non fisik. Lebih Jelasnya seperti dibawah ini

      1.  Perangkat Fisik

Perangtkat fisik merupakan perangkat yang tampak langsung dan dapat langsung digunakan dalam jaringan. Adapun contoh perangkat fisik dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut :

a.       Personal Computer
Personal Komputer sangat diperlukan dalam jaringan komputer, jaringan komputer minimal menggunakan dua buah personal computer agar bisa berhubungan dan bertukar informasi.


b.      Kabel Jaringan
Kabel jaringan berfungsi menghubungkan antar satu perangkat dengan perangkat lain agar perangkat tersebut bisa terkoneksi. Ada beberapa jenis kabel jaringan diantaranya :

1.      Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Ciri kabel saling melilit dan dibungkus menjadi satu oleh kulit kabel. Kabel ini berjumlah 4 pasang yang warna nya berbeda adapun urutan warna kabel menurut standart internasional EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B dapat dilihat pada tabel berikut :

Jenis penggunaan kabel UTP dibedakan menjadi dua yakni kabel staight dan kabel crossover. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan jenis perangkat yang berbeda misalnya dari PC ke Switch, dari Switch ke Router, dll. Kabel crossover digunakan untuk menghubungkan antara perangkat sejenis misalnya dari PC ke PC atau dari Switch ke Switch. Urutan kabel straight dan crossover dapat dilihat pada tabel dibawah ini :


2.    Fiber Optic
Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar darIPada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

c.   Switch
Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).  Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau Router pada satu area yang terbatas, Switch juga bekerja pada lapisan data link (Layer 2) dan lapisan Network (Layer 3), cara kerja Switch hampir sama seperti bridge, tetapi Switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan Multi-port bridge. Switch ada yang managable dan ada yang tidak managable. Switch yang managable biasanya Switch cisco yang bisa digunakan untuk membuat virtual Local Area Network (VLAN).

d.   Router
Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya Router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lainRouter juga berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.


2.        Perangkat non-Fisik

a.   Operating System
Operating System adalah perangkat lunak yang mengelola dan memanajemen perangkat keras dan menjadi jembatan penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak. Operating System juga digunakan untuk menjalankan fungsi perangkat keras komputer.

b.   Cisco IOS
Cisco IOS adalah sistem operasi yang terdapat pada Cisco Switch dan cisco Router yang berfungsi menyimpan dan menjalankan konfigurasi yang dibuat di CLI dan dijalankan sesuai apa yang dikonfigurasi.

c.   Protocol
Protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protocol dapat diterapkan pada perangkat kerasperangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, Protocol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protocol secara umum digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang. Banyak lembaga dunia yang bekerja untuk standarisasi Protocol. Yang saat ini banyak mengeluarkan standarisasi Protocol yaitu IETFETSIITU, dan ANSI.

d.   IP Addres
IP Address (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dIPakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

e.   Subnet Mask
Subnet mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan  Network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

f.    IP Gateway
IP Gateway adalah sebuah alamat perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan Protocol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang Protocolnya berbeda.

g.   Domain Name System
Domain Name System adalah sistem yang berfungsi merubah alamat default IP Address menjadi alamat sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya  merubah IP Address menjadi alamat dengan Protocol http. Contohnya IP Address 192.168.10.10 dirubah menjadi http://www.wahyuhidayat.com


Share

Leave a Reply

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Silahkan Copy Artikel ini apabila anda membutuhkan dengan syarat mencantumkan Link alamat sumber dan penulis artikel ini. Blog Ini merupakan Blog DOFOLLOW. Tolong komentar sesuai dengan artikel yang ditulis. Terimakasih